0
Jeruk purut dan segudang manfaatnya untuk manusia - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Jeruk purut dan segudang manfaatnya untuk manusia, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kecantikan, Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Jeruk purut dan segudang manfaatnya untuk manusia
link : Jeruk purut dan segudang manfaatnya untuk manusia

Baca juga


Jeruk purut dan segudang manfaatnya untuk manusia

Manfaat jeruk purut.-Hantu jeruk purut hiii serem ya tapi bukan itu yang akan saya tulis disini.meskipun banyak yang selalu mengkait kait kan istilah jeruk purut dengan mitos yang beredar di masyarakat.Dari pada ngomongin hantu yang ga jelas dan bikin merinding lebih baik kita bahas buah jeruk purutnya aja ya.Saya akan sedikit mendongeng tentang asal usul jeruk purut nya dulu yo,biar kita nambah wawasan dan nambah pengetahuan pastinya.


Begini ceritanya,asal muasal buah jeruk ini dari Eropa dan dibawa oleh pedagang ke Asia termasuk Indonesia,di Indonesia tanaman ini mudah dibudidayakan karena cocok dengan iklim yang ada di Indonesia yaitu ikilim tropis.Kalau ada yang belum tau seperti apa si tumbuhan jeruk purut itu ciri cirinya adalah pohonnya tidak terlalu besar,rantingnya banyak dan berduri,daunnya juga lebat,Daunnya pasti ibu ibu rumah tangga yang suka masak sudah tau ya bentuk dan kegunaan nya,daunnya tebel warnanya hijau tua dan mempunyai aroma yang khas.

Buahnya berwarna sama dengan daunnya yaitu hijau tua,kulitnya tebal dan bentuknya bulat,yang membedakan antara buah ini dengan buah jeruk nipis yaitu kulitnya yang kasar dan berkerut,mungkin karena kulitnya yang berkerut itu jadi dinamakan jeruk purut.Jangan salah ya pembaca antara jeruk purut dan jeruk nipis,perbedaan terdapat dikulitnya.

manfaat jeruk purut untuk manusia


Banyak sekali macam macam masakan yang makin sedap dan beraroma khas jika dicampur dengan buah ini dan yang sering saya pakai si daunnya,banyak banget kok manfaatnya untuk kita para ibu ibu rumah tangga yang suka masak,misalnya saja untuk menghilangkan amis pada ikan atau wadah bekas yang habis kita pakai untuk memasak ikan.Kalau pengalaman saya pribadi biasanya daun buah jeruknya saya campurkan kedalam masakan satu atau dua lembar saja sudah cukup untuk menghilangkan bau amis pada masakan kita,kalau untuk menghilangkan bau amis pada wadah bisa pakai daunnya ataupun jeruk purutnya caranya iris iris tipis saja jeruknya masukkan kedalam sabun yang biasa kita gunakan untuk mencuci.

Kandungan vitamin yang ada dibuah ini melimpah seperti minyak atsiri,minyak atsiri berasal dari daun jeruk perut yang mempunyai bau khas nah manfaat minyak ini sendiri banyak sekali pembaca,karena itu banyak sekali product-product kecantikan dan segala macam produsen yang menjual aroma parfum,misalnya pengharum ruangan dsb menggunakan bahan dasar minyak atsiri.

Hemm,ga nyangka ya pembaca kecil bentuknya tapi segudang manfaat dan kegunaannya untuk kehidupan kita sehari hari.Belum selesai rasa kagum saya akan buah yang satu ini,dan baru saya tau bahwa parfum dan pengharum ruangan yang saya pakai ternyata berbahan dasar buah jeruk purut.Selain itu manfaat dan kegunaan daribuah ini untuk kesehatan juga banyak lohh,misalnya saja:

Manfaat Jeruk Purut untuk Manusia dan kehidupan kita sehari hari


1.Sebagai Penghilang bau amis di kulkas
Ya dari minyak atsiri tadi itu loh yang sudah saya tulis diatas,daun nya mengeluarkan aroma yang khas,coba saja kita taruh irisan jeruk purut didalam sudut sudut kulkas dijamin ilang deh bau bau yang tidak sedap dikulkas kita lakukan ini berapa hari sekali,Kalau daunnya bisa kita pakai ke dalam air yang akan kita gunakan untuk mengelap bagian dalam kulkas kita.agar lebih berasa aromanya sebelumnya kita remas remas dulu daunnya.coba deh.

2.Obat flu
Daripada kita beli obat warung yang berefek samping,mulai sekarang kita pakai obat obat yang alami saja meskipun efeknya tidak menyembuhkan langsung tapi ini aman untuk tubuh kita.Caranya kita peras satu buah jeruk perut kita ambil airnya,tambahkan gula sesuai selera lalu tuang air panas minum air ramuan ini saat hangat,badan akan terasa segar,hidung lega.Kandungan Vitamin C nya bisa menjaga kita dari serangan penyakit seperti flu,demam,juga batuk.

3.Pengusir semut
Kalau ini pengalaman saya pribadi pembaca,Daun jeruk purut yang mengeluarkan aroma yang khas itu ternyata ampuh loh untuk mengusir semut,ga percaya? coba aja.Taruh irisan daun jeruk purut ditempat yang sering didatengin semut pasti kabur tuh semutnya,jangan lupa di iris atau dipotong potong dulu ya daunnya biar aromanya makin terasa.

4.Mengobati jerawat yang bandel
Ya pastilah buah ini bisa mengobati jerawat,karena buah ini mengandung vitamin C yang bisa mengangkat sel sel kulit mati diwajah kita,mengurangi kadar minyak berlebih yang bisa mengakibatkan wajah kita berjerawat.mau tau lagi caranya gimana?,simple praktis ekonomis dan higienis lah,kita pake satu buah jeruk purut,peras ambil airnya,terus kita pake juga air rendaman daunnya,kita campur kedua bahan itu kedalam satu botol,gunakan setiap kita membersihkan wajah sebagai tonernya.ok

5.Menjaga daya tahan tubuh
Untuk yang gampang sakit coba minum air hangat dengan campuran buah jeruk purut ini ya,agar badan segar dan tidak mudah terkena penyakit,karena zat anti oksidan yang ada didalam buah ini mampu menjaga kondisi tubuh kita dari kelelahan karena segudang aktifitas yang kita lakukan diluar rumah.

6.Untuk Diet alami
Diet yang bagus ya diet alami,selain sehat,pastinya tidak ada efek samping yang membahayakan badan kita.Mudah kok caranya,minum ramuan seperti no 5 itu aja setiap pagi dan malam hari ya,rasa asam yang ada pada jeruk ini mampu menghacurkan lemak berlebih yang ada di dalam tubuh kita.

7.Menenangkan pikiran atau relaksasi
Hal yang sering kita butuhkan ditengah padatnya aktifitas kita sehari hari yaitu relaksasi,saya sendiri sebagai karyawan disalah satu perusahaan dan juga sebagai ibu rumah tangga sangat membutuhkan hal ini.Coba resep ini yuk, kita rebus daun jeruk purut kedalam satu panci kira kira berisi 3 liter air daunnya sekitar 10 lembar,setelah mendidih kita masukan perasan air jeruk purut kedalamnya.tunggu sampai hangat atau bisa kita tambahkan air dingin dan kita pakai untuk merendam kaki kita.Akan lebih manjur lagi kalau kita sambil mendengarkan musik musik klasik ya pembaca.

8.Menjaga kecantikan wajah 
Wajah kusam,ada noda bekas jerawat,dan juga berminyak haduhh ga banget ya pembaca,Kita sebagai wanita masa kini sudah seharusnya menjaga penampilan terutama wajah.Tuhan memberi kita wajah yang cantik dan menarik sudah seharusnya kan kita merawat dan menjaganya juga toh tidak harus pergi kesalon dan mengeluarkan biaya yang mahal memakai cara alami juga bisa.gampang kok caranya iris saja buah jeruk purutnya menjadi beberapa bagian,lalu oleskan pada wajah kita.lakukan rutin setiap malam sebelum tidur,hasilnya akan membuat wajah kita menjadi bersih dan cerah.

9.Untuk menghaluskan kulit 
Bukan cuma wajah,untuk kulit tubuh kita juga bisa pembaca,campurkan air jeruk purut kedalam lulur kemasan yang sudah kita beli di supermarket gunakan campuran lulur dan air jeruk itu untuk dibalurkan di tangan,kaki dan bagian tubuh kita yang mau dilulur.lakukan cukup 3 kali sehari saja pasti kulit kita menjadi halus,dan bersih.

10.Sebagai penyedap masakan
Dari jaman dahulu  sejak dari nenek moyang kita sudah memakai daun jeruk purut untuk menyedapkan masakan,Dan ini masih berlangsung turun temurun sampai saat ini.masakan akan berasa sedap dan beraroma khas yang menggugah selera dan memanjakan lidah kita.Jangan terlalu banyak pakai sesuai kebutuhan saja,

Gimana pembaca,banyak juga ya manfaat dari buah dan daun jeruk purut untuk kehidupan kita sehari hari,semoga informasi ini bisa digunakan dan bermanfaat ya bagi kita semua seputar manfaat buah jeruk purut ini.terima kasih.

Baca juga : Manfaat buah jeruk nipis untuk kecantikan dan kesehatan

Posting Komentar

 
Top