0
Ketahui kandungan gizi kedelai dan manfaatnya untuk kesehatan - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Ketahui kandungan gizi kedelai dan manfaatnya untuk kesehatan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel manfaat kacang, Artikel manfaat sayuran, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ketahui kandungan gizi kedelai dan manfaatnya untuk kesehatan
link : Ketahui kandungan gizi kedelai dan manfaatnya untuk kesehatan

Baca juga


Ketahui kandungan gizi kedelai dan manfaatnya untuk kesehatan

Manfaat kedelai - Kacang kedelai bagi sebagian orang mungkin dikenal sudah menjadi olahan,Seperti tempe,tahu juga susu kedelai,Di beberapa daerah kacang kedelai dijajakan sebagai camilan.Layaknya manfaat kacang tanah rebus,Kacang jenis polong-polongan ini di rebus beserta kulitnya untuk kemudian di jual.

Rasa kacang kedelai rebus cukup gurih dan juga nikmat,kaya protein dan juga gizi,Tak salah jika semua olahan makanan dari kacang kedelai ini laku keras di pasaran dan juga banyak di sukai masyarakat.

Selain menjadi sumber protein untuk tubuh,Kedelai juga menawarkan manfaat minyak nabati natural,Manfaat minyak jenis ini sangat beragam untuk kesehatan tubuh,Di kenal sebagai minyak tak jenuh yang rendah kolesterol.

Diyakini kacang jenis ini memiliki sumber kuat untuk metabolisme tubuh yang lebih cepat,Menjaga kesehatan jantung juga pencegah dari kanker,Berikut nilai nutrisi dari 100 gram kacang kedelai yang bisa kita dapatkan.

  • Total kalori 147
  • Kalori dari Lemak 61
  • Total Lemak (6.8g) 10%
  • Lemak Jenuh (0.786 g) 4%
  • Lemak tak jenuh ganda (3.2g)
  • Lemak tak jenuh tunggal (1.284 g)
  • Kolesterol (0mg) 0%
  • Sodium (15mg) 1%
  • Kalium (620mg)
  • Total Karbohidrat (11.05g) 4%
  • Serat makanan (4.2g) 17%
  • Protein (12,95 g)
  • Vitamin A 4%
  • Vitamin C 48%
  • Kalsium 20%
  • Zat Besi 20%

Tentang kacang kedelai,Diketahui tanaman ini sudah dimanfaatkan sejak 3500 tahun yang lalu,Yang konon berasal dari dataran asia timur,Sejak dikenal akan manfaatnya juga nilai ekonomi yang tinggi,Kacang jenis ini mulai dibudidayakan secara komersial di berbagai negara termasuk indonesia.

Selain nilai ekonomi yang cukup baik,kacang kedelai juga menyimpan banyak manfaat untuk tubuh,Terutama bagi kesehatan,Dilihat dari sumber gizi,juga vitamin dan mineral yang ada,kacang-kacangan jenis ini berpotensi sangat baik dalam hal mendukung asupan gizi juga nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

kandungan gizi kedelai dan manfaatnya untuk kesehatan
Berikut manfaat kedelai secara keseluruhan yang bisa didapat jika kita konsumsi dengan rutin,dan juga porsi yang wajar.Dalam takaran tertentu konsumsi kedelai mampu mengatasi berbagi masalah kesehatan berbahaya yang mengganggu tubuh.

Manfaat kacang kedelai


1. Sumber protein untuk tubuh
Bagi para vegetarian kedelai merupakan sumber protein penting untuk tubuh yang tidak di dapat dari daging.Sebagai mana kita tahu,Jika protein merupakan komponen peting sebagai pembentuk masa otot juga sel di dalam tubuh.Maka perlu diperhatikan akan asupan protein yang cukup untuk tubuh.

2. Mengendalikan berat badan
Manfaat kacang kedelai selain dapat menambah berat badan dengan cara yang sehat juga bermanfaat untuk diet,Dalam takaran yang pas kacang kedelai dapat menekan nafsu makan sehingga baik untuk mengatasi masalah obesitas juga kegemukan.Di balik itu kacang kedelai juga tinggi protein jika dikonsumsi dalam jumlah besar bisa menggemukkan badan.

3. Baik untuk kesehatan jantung
Dalam hal ini kedelai dikaitkan dengan minyak nabati yang ada,Prosesnya kacang kedelai yang diolah menjadi minyak goreng cukup aman untuk jantung dikarenakan rendah kolesterol dan kaya omega 3.Selain itu kedelai juga sumber dari sera larut yang baik untuk pencegahan kolesterol jahat di dalam tubuh.

4. Sumber serat untuk tubuh
Serat yang diperoleh dari kacang-kacangan seperti kedelai ini sangat membantu menjaga saluran pencernaan,Serat yang ada bekerja untuk membersihkan dinding usus besar dari sisi makanan yang ada,Dan juga membantu mengatasi masalah BAB dan mengatasi sembelit.Serat pada kedelai juga dikaitkan dengan pencegahan kanker usus besar.

5. Sumber kalsium
Seperti kita ketahui jika kalsium berperan aktif untuk kesehatan tulang,gusi juga gigi,Kalsium umum didapat dari susu,Sama hal nya dengan kedelai,Susu kedelai juga kaya kalsium dan protein yang berguna memantau kepadatan tulang,Selain dari olahan susu,Olahan kedelai seperti tahu dan tempe juga mengandung kalsium yang tidak kalah tinggi nya dari susu sapi.Bermanfaat untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan tulang,seperti osteoporosis.

6. Antioksidan untuk tubuh
Vitamin dan mineral yang ada diolah tubuh menjadi senyawa antioksidan alami,Yang berguna untuk mengatasi radikal bebas,juga pencegah perkembangan sel kanker,Antioksidan ini berkaitan pula dengan efek penuaan dini,Dengan mengkonsumsi kedelai kita sudah memberikan asupan vitamin yang dibutuhkan kulit untuk mengatasi keriput juga kerutan akibat radikal bebas.

7. Pencegahan dari kanker
Dalam hal ini erat kaitannya dengan poin no 7,Kacang kedelai tinggi antioksidan yang berkaitan langsung untuk membasmi sel kanker.Kandungan serat yang di hasilkan kedelai diyakini mampu menekan kanker usus besar,seperti kanker kolorektal,jenis kanker yang tumbuh pada usus besar (kolon) atau rektum.

8. Bermanfaat untuk ibu hamil
Selain kedelai matang olahan seperti susu kedelai juga banyak digemari olah ibu hamil,Bukan karena rasa yang nikmat tapi kandungan dan manfaat yang ada memang begitu berguna untuk kehamilan,Di dalam susu kedelai tinggi akan kandungan protein dan mengandung sembilan asam amino penting seperti asam folat.

Namun perlu diketahui juga,ada beberapa efek samping yang akan terjadi saat konsumsi susu kedelai ini,Pada dasarnya susu kedelai mengandung isoflavon yang dapat memicu sakit kepala spesifik seperti migrain.

Jika di konsumsi berlebih dapat memicu reaksi fisik pada janin,Selain itu susu kedelai juga memicu alergi yang begitu cepat pada ibu hamil,ada beberapa ibu hamil yang alergi terhadap jenis susu ini,Masalah yang ditimbulkan dari alergi bisa sesak nafas,pembengkakan dan juga mutah.

Jadi sebelum mengkonsumsi susu kedelai ada baiknya konsultasikan dahulu ke dokter kandungan anda,agar paham benar,takaran dan dosis yang diperlukan,Karena memang benar susu kedelai sumber protein juga mineral baik untuk kehamilan,namun dalam takaran yang wajar.

9. Menjaga kesehatan kulit
Vitamin C yang ada pada kedelai sumber dari hormon pendukung kesehatan kulit tubuh dari dalam,Seiring bertambahnya usia tubuh akan kehilangan estrogen sejenis hormon yang menjaga elastisitas kulit.

10. Mengatasi anemia
Kandungan besi yang dihasilkan kedelai cukup berlimpah,dari 100 gram kacang kedelai segar bisa kita dapat 20% zat besi.yang mana kegunaan zat besi ini tentunya untuk memproduksi sel darah merah dalam tubuh dan berkhasiat mencegah anemia atau gejala kurang darah.Di dukung lagi dari komponen vitamin B kompleks yang ada untuk membantu tubuh dalam proses produksi sel darah merah yang sehat.

Demikian artikel manfaat kedelai untuk kesehatan kali ini,Semoga setelah membaca tulisan ini kita semakin sadar akan kesehatan tubuh secara mendalam,Dan tentunya kita jadi menyukai makanan dari olahan kedelai ini seperti tempe dan tahu yang begitu populer di negara kita indonesia.Tetap sehat dan terus berkarya.

Baca juga : Manfaat kacang merah untuk kesehatan tubuh diet hingga bayi

Posting Komentar

 
Top