0
Manfaat kacang polong untuk kesehatan Ibu hamil juga bayi - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Manfaat kacang polong untuk kesehatan Ibu hamil juga bayi, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel manfaat kacang, Artikel manfaat sayuran, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Manfaat kacang polong untuk kesehatan Ibu hamil juga bayi
link : Manfaat kacang polong untuk kesehatan Ibu hamil juga bayi

Baca juga


Manfaat kacang polong untuk kesehatan Ibu hamil juga bayi

Manfaat kacang polong dikenal dengan kacang ercis,Salah satu tumbuhan hijau penghasil sayur yang yang dimanfaatkan bagian bijinya,Dalam keseharian kita cukup jarang digunakan sebagai bahan sayuran karena kacang jenis ini bayak diolah menjadi camilan.

Di negara-negara eropa kacang polong bisa diolah sebagai campuran sup atau sayuran yang di tumis,Rasanya yang cukup manis dan gurih juga tekstur nya yang kranci dan sedikit bertepung sangat berbeda dari jenis kacang kebanyakan.Kacang polong hampir mirip dengan manfaat kacang kapri namun yang dimanfaatkan bagian bijinya saja.

Tumbuhan ini konon berasal dari zaman yunani kuno,Masuk ke indonesia dibawa oleh belanda pada masa itu,Iklim indonesia yang tropis cocok untuk pertumbuhan tanaman jenis ini,Kacang polong yang termasuk sayuran hijau sudah jelas menyimpan banyak vitamin juga mineral didalamnya.

Dalam 100 gram kacang polong bisa diperoleh 14,45 gram karbohidrat, 5,42 gram protein, 0,4 gram lemak dan serat makanan 5,1 gram.dan juga mengandung folat 65 mikro gram,niacin 2.09mg, tiamin 0.266 mg dan Vitamin C 40 mg Nutrisi lain yang ditemukan pada kacang polong adalah sodium 5mg, kalium 244mg, tembaga 0.176mg, besi 1,47mg, magnesium 22mg, seng 1.24mg dan kalsium 25mg.Cukup beragam dan juga melimpah vitamin dan mineral yang ada.

Kacang polong menjadi sumber nutrisi yang baik untuk tubuh,Kaya gizi juga kaya serat,Dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.Beberapa mineral yang ada berpotensi baik untuk kesehatan ibu hamil juga penunjang gizi utama pada bayi.

Berikut manfaat kacang polong 


1. Baik untuk ibu hamil

Kacang polong merupakan sumber karotenoid yang berlimpah,Sejumlah komponen pembentuk beta karoten yang akan dikonversi menjadi vitamin A yang kuat.Jika kita kaitkan dengan kesehatan ibu hamil,Vitamin A membantu dalam pertumbuhan embrio janin.sistem pernafasan,fungsi jantung dan juga saraf pusat.Hingga menjaga kekebalan tubuh ibu hamil.Selain itu

Kacang polong juga mengandung asam folat yang cukup berlimpah,65 mikro gram dalam 100 gram nya,Sehingga cukup membantu asupan asam folat yang diperlukan selama kehamilan,Tentunya ditambah dari sayuran dan juga buah-buahan segar lain nya.

Manfaat kacang polong untuk kesehatan
Peranan penting asam folat untuk kehamilan ialah mampu menjaga kesehatan janin,Mencegah bayi lahir cacat,memperkuat tulang punggung ibu dan juga sebagai sistem imun tubuh untuk ibu hamil sebagai perlindungan dari serangan virus juga bakteri yang pada umumnya sangat rentan menyerang ibu hamil.

Vitamin C yang ada pada kacang polong juga menjadi sumber antioksidan yang cukup kuat.Sebai pencegah radikal bebas yang berusaha masuk kedalam tubuh,Vitamin C juga membantu dalam hal penyerapan zat besi menjadi lebih maksimal dan cepat,Yang bermanfaat mencegah anemia pada ibu hamil.

2. Baik untuk dikonsumsi bayi usia 6 bulan keatas

Komponen lain yang ada pada kacang polong ialah serat,Yang mana serat ini sangat baik untuk bayi yang baru saja belajar untuk mengkonsumsi makanan lembut untuk pertama kali,Manfaat kacang polong ini mengandung tinggi komponen vitamin B kompleks,zat besi,serta magnesium.keseluruhan vitamin juga mineral yang ada sangat penting bagi perkembangan fungsi otak hingga daya ingat dan juga sangat membantu kinerja sistem saraf pada bayi.

Kacang polong bisa kita olah menjadi bubur jika berniat memberikannya pada bayi tercinta dirumah,Pastikan terlebih dahulu kacang polong yang kita gunakan masih segar,Jangan gunakan kacang polong kalengan karena mengandung natrium.

Untuk membuat bubur bayi dari kacang polong,pertama kita bersihkan dahulu kacang polong dengan air mengalir,Buang bagian kulit ari luarnya,Setelah itu kukus sebentar hingga lembut,Dikira sudah lembut hancurkan menggunakan sendok makan jangan mengunakan blender agar bubur kacang polong tidak terlalu halus.

Bubur bayi jenis ini sangat baik untuk kesehatan,Serat yang ada mampu menjaga kesehatan pencernaan bayi,dan vitamin juga mineral yang berlimpah membantu tumbuh kembang bayi anda lebih maksimal dan cepat.

Selain itu,Ada pula manfaat lainnya dari kacang polong ini untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh,Dilihat dari sumber vitamin dan mineral yang ada.Berikut ulasannya.

1. Pencegah kanker
Vitamin yang ada pada kacang polong diolah tubuh menjadi senyawa antioksidan dalam hal pencegahan radikal bebas juga pencegah kanker.Manfaat serat yang ada juga berkaitan dalam pencegahan kanker perut juga kanker usus besar.

2. Mengontrol berat badan
Kacang jenis ini termasuk kedalam yang rendah kalori dibandingkan dengan kacang-kacangan jenis lain,Jika dijadikan sebagai menu diet,Kacang polong cukup mengenyangkan,karena sumber protein nabati yang berlimpah juga sumber karbohidrat.

3. Peningkat masa otot
Protein yang ada cukup tinggi setara dengan daging sapi dalam takaran tertentu,Yang mana kita ketahui protein merupakan sumber utama dalam pembentukan masa otot,Manfaatnya jika kita konsumsi kacang jenis ini tubuh lebih kuat dan juga lebih bugar.

4. Anti penuaan
Dalam hal ini,manfaat kacang polong mengandung flavonoid,epicatechin,karotenoid,alfa karoten sebagai komponen pembentuk antioksidan aktif yang di butuhkan oleh tubuh untuk melawan proses penuaan dini,Secara tidak langsung menghambat proses penuaan pada bagian kulit tubuh.

5. Regenerasi sel di dalam tubuh
Kemampuan lain dari manfaat kacang polong yang satu ini mampu meregenerasi sel tubuh yang rusak,vitamin C yang ada diubah menjadi antioksidan untuk memperbaiki struktur sel di dalam tubuh.Vitamin C juga membatu mempercepat proses penyerapan zat besi.Sehingga kinerja sel dalam tubuh akan cepat pulih sebagai mana mestinya.

6. Menyehatkan pencernaan
Kandungan serat pada polong-polongan ini berguna untuk mencegah sembelit,Mengatasi BAB dan juga masalah pencernaan lainnya,Serat berperan penting untuk mengikat lemak didalam usus dan mengeluarkanya.Sehingga sangat baik untuk menu diet sehari-hari.

Ketahui juga : Manfaat kacang panjang untuk jantung hingga penyembuh luka

Posting Komentar

 
Top